Faktor yang menentukan Harga Jual Produk

Penentuan harga juga dipengaruhi oleh faktor-faktor internal perusahaan, yang meliputi:
(1) Tujuan Pemasaran
(2) Strategi Bauran Pemasaran
(3) Biaya

Misalnya, PT KAI  harus menyediakan gerbong kereta api untuk penumpang kelas menengah misalnya kelas bisnis dengan harga yang cukup untuk kelas tersebut. Kereta api untuk kelas tinggi, misalnya eksekutif dengan harga lebih tinggi dan untuk kelas pendapatan rendah disediakan kelas ekonomi dengan harga relatif murah.

Selain faktor tujuan pemasaran, penentuan harga pun dipengaruhi oleh faktor strategi bauran pemasaran. Pola dan disain produk, distribusi, tempat, dan promosi sangat berpengaruh pada penentuan harga jual.

Disain produk yang menarik dan kualitas produk yang lebih baik akan mempengaruhi harga penjualan yang lebih tinggi karena untuk membuat kualitas barang dan jasa yang lebih baik diperlukan biaya yang lebih besar.

Bauran pemasaran lain adalah distribusi. Distribusi yang melalui saluran pemasaran yang panjang akan mempengaruhi harga penjualan. Misalnya, harga produk yang dijual oleh Perusahaan CNI yang terkenal dengan multilevel marketing, menentukan harga yang tinggi. Tempat yang lebih menarik akan menentukan juga harga jual.
Ekspektasi atau harapan produsen juga sangat berpengaruh pada penentuan harga. Misalnya, pedagang perantara atau konsumen yang akan menjual kembali barang yang dibelinya akan diberi margin penjualan yang lebih besar agar mempromosikan barang-barang yang dijualnya.

Faktor ketiga yang menentukan harga penjualan adalah biaya.
Biaya seringkali oleh perusahaan kecil, menengah dan besar dijadikan dasar untuk menetapkan harga suatu produk. Biasanya perusahaan menetapkan harga untuk seluruh biaya produksi, distribusi, promosi, biaya perpajakan, biaya penjualan, dan biaya biaya lain yang membebani perusahaan dari mulai produksi sampai pada purna jual.
Misalnya, PT Toyota Astra menjual mobil dengan harga Rp 150 juta, maka disamping biaya produksi sampai penjualan dibebankan pula biaya service sampai purna jual, misalnya service gratis sampai 30.000 km. Perusahaan dengan strategi pelayanan purna jual bias meningkatkan hasil penjualan dan meningkatkan laba perusahaan.

About indonesiancharcoal

We expertise in exporting charcoal business to all over the world. Our products mainly comprises of Mangrove Wood Charcoal and Akasia ,Sono,Sanbi, Asam Jawa Wood Charcoal. Aside from that, we are now manufacturing our own Coconut Shell Briquette Charcoal in our base here in Indonesia. UD ATEX INDONESIA Adress: Rejowinangun-KG Pilahan ASRI Ⅱ.KAV.53 Yogyakarta E-mail : atexindonesia@yahoo.com TEL: 0274 38-7975 FAX 0274-38-7975 Mobail: 087838466669 08179419682
This entry was posted in Marketing, Trading and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s